Yaitu alat yang digunakan untuk
menerima masukkan data dan program yang akan diproses di dalam
computer.Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC)
adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa
digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses
akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor
untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan
ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input.
Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan
maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula
digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat
digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch
screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media
tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched
card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa
macam peranti yaitu :
Contoh alat device input :
a.Keyboard
digunakan untuk memberikan masukan
(input) ke dalam komputer, dimana masukan (input) tersebut dapat berupa data
atau perintah yang dimasukkan dengan cara mengetikkannya langsung pada
keyboard.
Keyboard merupakan unit input yang
paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat
berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag)
yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Scanner
Scanner adalah alat masukan yang
dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang kemudian hasilnya langsung
dtampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya gambar atau teks tersebut
dapat ditambah, ditambah, dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat
disimpan ke dalam harddisk dan media penyimpanan lainnya, dalam format file
teks, dokumen, dan gambar. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti
mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung dicetak
pada kertas sesuai aslinya, tidak dapat ditambah, dikurangi, dimodifikasi dan
tidak dapat disimpan dalam media penyimpanan. Sedangkan scanner hasilnya
langsung ditampilkan melalui monitor, dan hasil tersebut dapat dilakukan
perbaikan atau modifikasi dan dapat disimpan dalam media penyimpanan.
d. Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk
modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki
sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,
dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris
per detik.
e.Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi
alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket
atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya
dengan barcode.
f. Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
g.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop
dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
h. Kamera
Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga
komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera
Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera
digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini
sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan
film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital
disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat
dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran
saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil
gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau
bergerak seperti halnya video.
i.
Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat
rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada
monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan
jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan
rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif
sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan
kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan
sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya
adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan
pensil.
* PROSES
DEVICE
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process
device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi
CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat
menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit
pemrosesan ini disebut denganmicro-processor (pemroses mikro) atau processor
yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC. Fungsi utama
dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam
memori atau yang dimasukkan melalui unit masukkan seperti keyboard, scanner,
atau joystick. Kecepatanprocessor atau CPU ini diukur dengan satuan hitung
hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai
giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt.
Perkembangannyaprocessor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium
dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga
Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV,
telah pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu
Centrino(Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada
komputer-komputer built up, laptop, notebook. Saat ini, processor yang terbaru
adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz
seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen processor yang terkenal
adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software,
atau instruksi suatu program.
a. ALU (
Arithmetical Logical Unit ) Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data
yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU
terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU
adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan
instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan
adderkarena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari
ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program
yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan
dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
- Sama dengan (=)
- Tidak sama dengan ( <> )
- Kurang dari ( < ) - Kurang atau sama dengan dari (
<= ) - Lebih besar dari ( > )
- Lebih besar atau sama dengan dari ( >= )
b.CU (
Control Unit ) Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan
pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut
dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan
sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur
kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan
dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka
unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Dengan demikian tugas dari
Control Unit ini adalah :
·
Mengatur
dan mengendalikan alat-alat input dan output
·
Mengambil
instruksi-instruk dari memori utama
·
Mengambil
data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
·
Mengirim
instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta
mengawasi kerja dari ALU
·
Menyimpan
hasil proses ke memori utama. Fungsi peralatan yang terdapat dalam CPU dibagi
menjadi 3 Macam yaitu :
a.Peralatan
Proses ( Process Storage)
Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan
suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.
1.) Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data,
processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu
komputer dapat dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor :
Intel Pentium 4, AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan
processor-nya semakin baik fungsi komputer tersebut.
2.) Register Register merupakan jenis memori yang terdapat
pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori
yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama.
Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh
CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk
diproses masih disimpan di memori utama.
3.) Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan
kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
4.) ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi
membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat
hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau
tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian
perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau
syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk
mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau
permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi
yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena
hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari
ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh
karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak
dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali
yaitu PROM(Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali
dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut
dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan
sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang
disebut EEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat
dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.
5.) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori
yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM
mempunyai sifat sementara. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi
mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat
anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan
hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam
RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang,
* OUTPUT
DEVICE (Alat keluaran)
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang
berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang
berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun
dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari
output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Output yang dihasilkan
dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai
berikut.
- Tulisan
- Image
- Suara
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form).Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh
manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan
speaker.
a.Monitor
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat
populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti
halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna
bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat
apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam
keadaan benar atau belum.
Pada umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan tabung
sinar katoda atau cathode ray tube (CRT). Dengan teknik scan-nya (raster scan
technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron yang
dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik dari atas
kebawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi pospor. Pospor ini akan
bersinar apabila ditembus sinar elektrone tersebut hidup atau mati, sehingga
gambar-gambar dapat dibentuk pada layar monitor.
Begitu banyak dan cepatnya sinar ataupun spot yang terbentuk
dari hasil penembusan sinar elektrone yang diikuti oleh pembakaran phospor,
maka yang nampak dipermukaan seperti halnya pola huruf Z yang bergerak-gerak.
Pola seperti ini disebut sebagai “raster pattern”
Pada monitor jenis monochrome ataupun composite, hanya
terdapat satu sinar elektrone yang menembus phospor, sehingga pada monitor
jenis ini hanya bisa menampilkan satu warna saja, yaitu hitam putih atau hijau
hitam. Sedangkan untuk monitor berwarna, terdapat tiga titik yang bisa
menghasilkan warna merah, biru dan hijau jika ditembus oleh sinar elektrone.
Koordinasi yang dikendalikan oleh komputer dalam menembus titik inilah yang
menghasilkan gambar berwarna pada monitor.
b. Printer
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat
mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas
transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang
digunakan, adalah Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses
cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu
penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
Pin Dot matrix, Ink jet, Laser, Thermal.
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang
dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu
transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit
transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by
character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by
page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
c. Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup
besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
d. Speaker
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara.
Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan
terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang
diperlukan adalah speaker.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar